Pentingnya Sistem Informasi untuk perkembangan pada sebuah Bisnis

Moch Tegar Faiz Rizqy
6 min readDec 22, 2020

Hallo Assalamualaikum WR.WB, perkenalkan nama saya Moch Tegar Faiz Rizqy dari Universitas Komputer Indonesia saya ingin menjelaskan mengenai :

Apasih pentingnya Sistem Informasi pada sebuah perkembangan Usaha Bisnis ?

Mungkin saya akan menjelaskan definisinya terlebih dahulu sebelum menjelaskan peran pentingnya, oke ini memang sedikit meremehkan, sebenarnya Sistem Informasi ini sudah hampir semua menggunakannya untuk membantu dalam sebuah perusahaan/organisasi tertentu dalam keberlangsungan bisnis itu sendiri.

Definisi Sistem Informasi menurut pandangan penulis

Sistem informasi ialah sistem yang sudah menggunakan sebuah teknologi agar mempermudah dalam pengerjaan yang nanti dapat diselesaikan juga dengan teknologi itu sendiri misalkan menggunakan aplikasi web, android atau software untuk mendukung operasi dan manajemen

Definisi bisnis menurut pandangan penulis

Bisnis ialah suatu kegiatan/organisasi yang terjadi, melakukan adanya penjualan atau keuntungan dari hasil yang digunakan dalam pembuatan, lalu bertransaksi untuk mendapatkan keuntungan dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan diinginkan.

Kemampuan sebuah Sistem Informasi pada suatu bisnis, meliputi

  1. Dukungan terhadap mengolah data
  2. Dukungan mengakses barang produk dengan cepat
  3. Dukungan pengelola keuangan yang memudahkan
  4. Menganalisis produk barang jadi lebih mudah

Sistem Informasi mendukung penjualan

Penggunaan sistem informasi dalam mendukung proses bisnis organisasi menjadi semakin nyata dan meluas. Saat ini, mengingat efektivitas dan efisiensi pemrosesan data, sebagian besar perusahaan sedang membersihkan pemrosesan datanya dan sudah menggunakan layanan digital. Sistem informasi bisnis memfasilitasi pemrosesan data segala jenis bisnis atau produk untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi

Perlu adanya strategi promosi dan penjualan dengan mempunyai sistem data terintegrasi, bisnis jadi lebih gampang melaksanakan pengolahan informasi usaha ataupun produk. Di sisi lain, pembeli juga merasakan kemudahan buat melaksanakan pembayaran, pembelian, ataupun membaca laporan transaksinya. Peralatan berkualitas tinggi tidak diragukan lagi merupakan nilai tambah dari hasilnya.

Dimasa pandemi covid-19 seperti ini bisnis dituntut berkreasi atau inovatif dalam sistem informasi agar produk yang dikeluarkan banyak yang tertarik untuk mendapatkan pembeli, apa lagi sekarang sudah banyak kompetitor yang sudah juga berkembang dan memperkuat posisi dalam pasar yang cepat sekali berubah

kita tau bisnis dimasa modern saat ini selaku usaha sudah banyak yang sukses dengan adanya sistem informasi, tanpa perlu kita sadari sistem informasi juga tidak saja pada bisnis, semua sudah menggunakan sistem informasi.

Sebab itu sistem data bisnis mempunyai pengertian yang luas ialah kumpulan data yang berhubungan serta ditampilkan buat proses penjualan bisnis jasa ataupun produk. Untuk menunjang transmisi dan pengolahan informasi maka diperlukan teknologi informasi dan teknologi komputer. Teknologi komputer digunakan sebagai media utama transmisi dan pengolahan informasi. Inilah pengembangan dari istilah “sistem informasi”. Seiring dengan peningkatan kualitas teknologi informasi, efektivitas dan efisiensi sistem informasi semakin tinggi kualitasnya

Untuk menjadikan bisnis yang berkembang perlu adanya perbaikan sistem lama, hal — hal yang bisa menyebabkan adalah :

Pada sistem yang lama datang permasalahan baru seperti

Adanya kegagalan sistem yang lama, kegagalan dari sistem yang lama bisa membuat bisnis produk yang terjadi akan terganggu pada sistem prosesnya, ini berpengaruh besar terhadap usaha.

Pertumbuhan usaha bisnis

Permintaan akan informasi menjadi semakin luas, dan jumlah pemrosesan data juga meningkat. Perubahan standar akuntansi baru telah menyebabkan terciptanya sistem baru, karena sistem lama tidak lagi efektif dan tidak dapat lagi memenuhi semua kebutuhan informasi

Untuk mendapatkan yang diinginkan

Dalam persaingan pasar yang semakin ketat, kecepatan informasi atau efisiensi waktu akan menentukan berhasil tidaknya strategi dan rencana untuk merebut peluang pasar, oleh karena itu diperlukan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan penyediaan informasi guna mendukung proses pengambilan keputusan.

Menjadi peran penting sistem informasi di perusahaan bisnis

1 . dukungan terhadap operasi bisnis

Dari hal akuntansi hingga pesanan pelanggan, sistem informasi mendukung operasi dan manajemen dalam pengembangan bisnis sehari-hari. Saat selaku usaha bisnis meresspons dengan cepat, kemampuan sistem informasi untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi di berbagai bisnis menjadi sangat penting.

2. dukungan terhadap keunggulan dalam strategis

Sistem informasi yang dirancang untuk membantu perusahaan mencapai tujuan strategis mereka dan membangun keunggulan kompetitif dengan pasar lain.

Faktor — faktor usaha bisnis kurang berkembang pada perusahaan atau organisasi

Dengan menggunakan sistem informasi ini, perusahaan dapat bekerja dengan cepat dan tepat, sehingga karena faktor-faktor tertentu terkadang perusahaan bahkan bisa mengalami kegagalan.

Ada gak sih dampak resiko dari sistem informasi bagi usaha bisnis ?

Ada dong tentu, penulis akan menjelaskan juga mengenai dampaknya walaupun judul yang ditulis hanya peran pentingnya saja, agar supaya kita tau dan mengerti pengalaman penulis yang bisa jadi bahan informasi yang baik untuk diketahui.

Oke jadi selain penting pada usaha, tentu saja ternyata dampak resikonya juga ada dalam bisnis menggunakan sistem informasi teknologi. Jika terjadinya teledor maka dalam melakukan mengakses suatu data usaha yang di kenali dengan virus bisa saja menjadi bomerang bagi perusahaan atau organisasi. Karena jika usaha sudah menjadi bisnis yang sistem informasi teknologi, jangan anggap sepele virus bila sudah terkena data, akan susah untuk dikembalikan lagi, oleh sebab itu, maka selaku usaha wajib menginput sesuatu harus dengan teliti dan wajib kita simpan dengan data backup agar tidak terjadinya kerusakan pada data yang kita simpan.

Rekomendasi usaha bisnis yang menurut penulis tau dan ada banyak di beberapa indonesia, berikut bisnis yang akan saya jelaskan satu persatu pada tahun 2020 :

  1. bisnis kuliner

manusia pasti membutuhkan yang namanya makan, hampir setiap hari kita makan dengan nasi maupun lauk yang enak, jadi untuk memulai usaha bisnis ini akan menuju ke penjualan makanan yang sangat menguntungkan apa bila jika kamu dapat melihat peluang bisnis, menentukan tujuan dan lokasi tempat makan yang ingin dikelola, bisnis ini sangat menjanjikan. Misalnya, jika anda sedang berada di areea perkuliahan atau perkantoran, Anda bisa menargetkan pelanggan dari kalangan karyawan atau mahasiwa.

2. bisnis minuman

minuman dingin atau kopi ,sapa sih yang gk pernah yang namanya nongkrong di cafe, minuman yang sangat digemari kalangan anak muda, Tetapi hampir puluhan ribu orang di industri yang sama, masih ada beberapa hal yang tidak diketahui. Tren bisnis ini populer dan ada di mana-mana dalam layanan pengiriman. Sebelum mendirikan bisnis minuman, Anda harus tahu bahwa bisnis tersebut bersifat musiman. Di tahun 2019 ini, minuman dingin dan minuman kopi bisa dikatakan sangat digemari oleh banyak orang. Banyak orang menggunakan kesempatan ini untuk membuat bisnis.

3. bisnis properti

ada yang tau properti ? kalau gak tau penulis akan menjelaskannya, bisnis ini tidak ditekuni untuk kalangan bawah, biasanya bisnis yang megang selalu orang yang mempunyai pebisnis besar, dan untuk melakukan bisnis ini membutuhkan modal yang sangat banyak, tapi dari hasil penjualan properti ini omsetnya juga banyak apa lagi kalau mengenai apartment, tempat dapur, sofa atau tempat tidur. Sampai saat ini bisnis properti kalau dilihat sudah mulai banyak

4. Bisnis catering

jika kamu tipe orang yang suka hobi memasak, ini bisnis yang cocok untuk kamu dengan makanan yang beragam yang dibuat tentu saja bisa jadi menjadi bisnis yang kamu sukai, biasanya catering ini untuk mengadakan acara atau selamaten, pasti bisnis sangat membantu bagi para customer yang tidak ingin ribet memasak rumahnya sebanyak mungkin, oleh karena itu maka bisnis ini sangat banyak dicari. Utamakan membuat makanan yang sehat, enak dan cepat dalam membuatnya, agar customer tertarik untuk membeli lagi disini. ohh ya ini juga dapat menjual makanan katering secara terpisah melalui pemasaran online.

5. Bisnis Wedding organizer

bisnis yang terakhir penulis tau, jadi bisnis ini pasti dibutuhkan di tempat tempat acara pernikahan, seperti halnya memfoto calon pernikahan, dokumentasi video, dan untuk merangkai acara pernikahan. tetapi selain untuk acara pernikahan bisa juga untuk acara sesi foto keluarga, ohh ya bisnis ini butuh modal yang sangat banyak, yang harus mempunyai kamera, tempat studio, properti, dan laptop. dengan mempromosikan melalui media sosial mungkin orang akan cepat mengetahui dengan hasil foto yang sangat bagus. untuk mencari pekerja dalam bisnis ini harus mempunyai pengalaman profesional editing atau dalam perfotoan.

Sebelum melakukan bisnis harus terlebih dahulu tau yang akan terjadi kedepannya apakah sudah siap jika dalam berbisnis dengan pemodalan yang sangat banyak bisa mengalami kegagalan. itu yang membuat orang akan susah berfikir jika tidak ada strategi dan tujuan yang kuat. Jangan lupa untuk menerapkan sistem informasi pada sebuah bisnis yang sudah dibangun.

Sebelum itu terima kasih untuk pembaca, semoga ilmu yang didapat bisa menjadi bermanfaat bagi semua. Wassalamualaikum Wr.Wb

10517078 - MOCH TEGAR FAIZ RIZQY
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia

--

--

Moch Tegar Faiz Rizqy
0 Followers

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia